Minggu, 01 Januari 2012

panduan membaca cepat dikomputer

1.M'baca di layar komputer tdk s'nyaman m'baca buku yg dipegang langsung ditangan.
Layar komputer memancarkan radiasi yg akan m'buat mata lbih cepat lelah.Tdk hanya itu,kontras warna yg tinggi pada layaR jg menyita energi mata.

2.Penggulungan layar (scrolling)
Jika pada buku biasa kn tinggal membalik hlamn,maka pada dokumen elektronik perlu melakukan penggulungan layar (scrolling) sehingga berpindah ke hlamn selanjutnya. Ada proses transisi untuk mengenali kata ketika scrolling tersebut dilakukan.

3. Ukuran dan jenis font
Buku dan majalah dalam bentuk hard copy memiliki ukuran font tertentu yang tidak dapat Anda ubah lagi. Pada dokumen elektronik, Anda masih dapat mengubah ukuran font meskipun tidak pada seluruh dokumen. Kebanyakan halaman web sekarang bisa diatur besar font-nya dengan melakukan setting pada browser. Seandainya ukuran font tidak dapat diubah, maka setidaknya Anda masih bisa menampilkannya dengan lebih besar atau lebih kecil dengan cara zoom.

Setelah mengetahui perbedaan membaca langsung di atas kertas dengan membaca di depan layar komputer, maka berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan sehingga dapat membaca lebih cepat lagi di depan komputer:

1. Ganti layar Anda dengan LCD atau belilah laptop
Layar CRT (Cathode Ray Tube) konvensional sangat melelahkan mata meskipun Anda telah memasang screen protector. Jika Anda memiliki dana lebih dan sayang pada kesehatan mata, gantilah dengan LCD atau gunakanlah laptop. Layar LCD jauh lebih nyaman di mata dan tidak menimbulkan radiasi yang membuat mata cepat lelah.


2. Atur tingkat brightness dan contras pada komputer Anda
Layar yang terlalu terang atau terlalu gelap membuat mata cepat lelah sehingga kecepatan baca Anda pun ikut menurun. Aturlah sedemikian rupa sehingga terasa nyaman di mata. Tidak hanya itu, sesuaikan pula brightness dan contras layar Anda dengan cahaya ruangan yang digunakan. Pada beberapa laptop tersedia fasilitas mengatur gelap terang otomatis dengan menekan tombol Fn + salah satu tombol fungsi F1 sampai F12. Coba gunakan fasilitas tersebut dan jika kurang pas Anda dapat mengaturnya secara manual.

3.Ubah latar belakang menjadi biru dan teks putih
Masih ingat ketika dulu pengetikan dokumen dilakukan menggunakan software WordStar? Latar belakang (background) aplikasi berwarna biru dan teks berwarna putih. Warna gelap pada latar belakang lebih nyaman di mata dibandingkan warna default putih pada aplikasi Word Processor sekarang spti Microsoft Word atau Open Office. Cobalah kembali ke cara lama dan rasakan perbedaannya.

4.Gunakan tampilan clear type untuk memperhalus font
Mulai Windows XP, Microsoft memperkenalkan fasilitas clear type sehingga tampilan huruf di layar menjadi lebih halus seperti tampilan cetak di atas kertas. Fasilitas clear type secara default dimatikan dan dapat diaktifkan dari Control Panel – Display Properties – klik Tab Appearance – Effect. Centang keterangan “Use the following method to smooth edges of screen font” dan pilih “Clear Type”.

6.Gunakan scroll otomatis.
Jika Anda menggunakan email client untuk membaca email, scrolling dapat dilakukan dengan cepat dan mudah hanya dengan menekan tombol space. Dengan cara ini, ketika tulisan yang dibaca cukup panjang, Anda tinggal klik tombol keyboard space beberapa kali untuk scrolling yang diperlukan.Tombol space untuk scrolling juga berlaku ketika m'baca teks lewat browser. Daripada Anda menggeser slider scrolling yang ada di kanan layar, cara lebih mudah dan cepat untuk berpindah ke teks selanjutnya cukup dengan tombol spasi. Cobalah dan rasakan perbedaannya.Jika Anda membaca teks menggunakan aplikasi Word Processor, maka perhatikan scroll vertikal di sebelah kanan. Sebaiknya Anda tidak pergeseran (dragging) pada slider pada level yang Anda. Cara paling cepat dan presisi untuk scrolling adalah dengan cara meng-klik bagian bar di bawahnya. Secara otomatis tulisan akan berpindah ke teks baru yang akan Anda baca.

7.Matikan fasilitas Spelling Checker
Apakah Anda sering melihat garis merah bergerigi pada setiap kata dalam teks yang Anda baca di Microsoft Word? Ya itu adalah tanda bahwa pemeriksaan ejaan (spelling checker) sedang bekerja dan menandai teks yang tidak ada dalam kamus. Jika Anda dalam fokus membaca cepat dan bukan mengedit dokumen, matikan pengecekan tersebut dari menu Tools – Language – Set Language dan centang pilihan
Do not check spelling or grammar.image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar